Rabu, 22 Januari 2014

Tokoh-tokoh Matematikawan



AL KHAWARIZMI  “ BAPAK  AL JABAR”
          Mungkin kita sudah sering mendengar istilah ALGORITMA, dalam kamus besar bahasa idonesia Algoritma berarti prosedur sistematisuntuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas.  Algoritma  diambil dari nama julukkan penemunya yaitu Al-Khawarizmi, Seorang matematikawan muslim yang di lahirkan di Khawarizm, Uzbekistan.
Al-Khawarizmi (Khawarizm, Uzbekistan, 194 H/780 M, Baghdad,226 H/850 M) adalah ilmuan muslim, ahli di bidang matematika, Astronomi, dan Geografi. Nama lengkapnya adalah Abu ja’far Muhammad bin Musa Al-khwarizmi.di barat I alebih di kenal dengan nama Algoarisme atau Algorisme.
Karya aljabarnya yang paling monumental adalah  berjudul Al-Mukhtasar fi hisab al-jabar wal-Muqabala  (Ringkasan perhitungan  aljabar dan perbandingan).dalam buku ini d uraikan pengertian-pengertian geometris. Ia juga menyambungkan teorema segitiga sama kaki yang tepat, perhitungan tinggi serta luas segitiga, dan luas jajargenjang serta lingkaran. Dengan demikian,  dalam beberapa hal, Al-Khawarizmi telah membuat aljabar itu Esak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar